Pages

Friday, June 25, 2010

Nasi Tim Ayam


Kali ini menunya nasi tim ayam. Resep ini otentiknya pake clear soup (kaldu) sama telor asin. Enak yah, dimakannya panas2 pas suasanan adem mendung gitu.

Nah, pas hari kamis kemaren saya sama suami piknik ke Edensor di County Derbyshire, menu ini jadi pilihan saya buat bekal makan siang. Dan karena judulnya adalah piknik, maka bawa soup nampaknya akan sangat ribet. Jadi side dishes nya (makanan pendamping) aku ganti mixed-vegs aja. praktis, lezat, bergizi insya Allah..

Hari cerah, anginnya dingin-dingin kering khas Eropa, makan siang di padang rumput tepi sungai.. Masya Allah ibu2, menu sederhana pun terasa luar biasa loh ^^
Yes, indeed Enzor is, a nice quiet lil space to escape.

Here's the receip u can try, moms..

*) Bahan Kaldu:
- 500gr fillet ayam
- 2 sdt garam
- 1 sdt paper
- 2 siung bawang putih, geprek
- 2 buah daun bawang, rajang
- 2,5 liter air untuk merebus

**) Bahan ayam:
- 500gr fillet ayam rebus (dari *) ), cincang kasar
- 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 50ml air kaldu *)
- 3sdm oyster souce
- 6sdm kecap manis
- salt & paper secukupnya
- minyak untuk menumis

***) Bahan Nasi:
- 2 canting beras pulen, cuci bersih, tiriskan
- 2 sdm minyak untuk menumis
- sisa kaldu *)

Pelengkap: 3 buah telor asin, belah 2

Caranya:
1. Untuk kaldu: Campur semua bahan, rebus sampai ayam empuk, dan kaldu menyusut jadi 2liter. Pisahkan ayam dari kaldu, sisihkan.

2. Untuk ayam: cincang ayam rebus. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan ayam cincang, tambahkan kaldu. Masukkan oyster, kecap manis, salt & paper. Didihkan terus sampe kuah mengental sendiri, angkat dan sisihkan.

3. Untuk nasi: Panaskan minyak, tumis beras. Masukkan sedikit kaldu (sekitar 2 sendok sup) lalu aduk-aduk terus sampai kaldunya terserap beras, angkat. Tuang beras tumis ke rice cooker, tambahkan sisa kaldu sampai beras tergenang (jangan semuanya), masak sampai matang. Begitu nasi masak (terdengar bunyi "klik" dari rice cooker) buka tutup rice cooker dan tuangkan ayam cincang di atas nasi tim sehingga membentuk lapisan yang rata, lalu tutup dan biarkan.

4. Penyajian: Sendok nasi tim ayam sesuai porsinya ke piring penyajian. Tambahkan potongan telur asin. Sajikan hangat2 dengan sisa kaldu di mangkuk terpisah.

No comments: