Pages

Monday, June 28, 2010

Balado Pasta


Mommies..
Di rumah kami, yang namanya mie ga pernah mati gaya. Apalagi si tuan rumah, paling doyan deh sama yang namanya mie. Alhamdulillah di sini mie gampang dicari, mule dari mie telur, bihun, kwe tiaw, sampe mie instant ada. Harga juga ga beda2 jauh sama di tanah air.

Kalo kita di Indonesia biasa makan mie, di sini orang bule juga makan "sodaranya mie" yaitu pasta. Pasta yang paling "identik" sama mie ya spaghetti, persis kan tuh bentuk dan warnanya?.

Dari sisi kandungan fiber alias serat, pasta sebenernya jauh lebih unggul dari mie biasa loh. Apalagi kalo yang wholemeal pasta. Jadi kalo Anda para mommies penggemar mie juga, tapi tetep pengin menjaga asupan serat dalam tubuh, u can easily substitute mie telor with wholemeal spaghetti. Bentuk dan warna sama, rasanya malah lebih gurih. dan tentu saja, lebih kaya akan serat. Ga perlu repot2 diolah "Bolognaise" atau "Carbonara" atau "Marinara"... olah aja seperti kita mengolah mie telor biasa, bisa di goreng atau rebus. Atau alternantif lain bisa di bikin balado, seperti resep berikut ini. Hmm... Yumm-o..

Bahannya...
- 250gr wholemeal spaghetti (rebus dengan sepanci aer yang digaremin dan dikasi minyak sayur sesendok)
- 200gr salami atau sosis sapi, potong2
- 5 sdm kacang merah rebus
- 1 buah bawang bombay, cincang
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sdm cabe giling
- 1 sdm chilli powder (cabe bubuk)
- 50ml air matang
- salt & paper secukupnya
- 1 lembar keju cheddar slingles (kalo suka)
- minyak untuk menumis

Cara bikinnya..
1. Rebus spaghetti sampe al dente, tiriskan

2. Panasin minyak, tumis bombay, bawang putih, cabe giling sampe harum dan layu. Masukkin salami , aduk sampe agak meresap. Masukkin kacang merah dan air, salt & paper, dan chilli powder. Masak sampe kuah mengental sendiri, angkat.

3. Tuang balado panas diatas spaghetti rebus, kasi lembaran cheddar singles diatasnya (biarkan meleleh sendiri). Sajikan langsung.

No comments: